Job Vacancies

Wildlife Conservation Society is seeking a good candidate for these job opportunity:

 

TERMS OF REFERENCE

Position : SMART Team Leader Coordinator KPH
Program : Sumatera
Based in  : Tapaktuan Line
Manager : SMART Patrol Coordinator

Overview/Gambaran Umum:

Dalam rangka perlindungan terhadap kawasan konservasi di wilayah Sumatera Utara dan Aceh, WCS bekerjasama dengan Balai Besar TNGL, BKSDA Aceh KPH VI Subulussalam dan KPH V Gayo Lues. Dalam kerjasama ini WCS berperan dalam meningkatkan kapasitas pengamanan kawasan berupa kegiatan patroli pengamanan kawasan. Untuk menjalankan progam ini, maka dibentuk regu-regu patroli yang akan bekerja secara kolaboratif dengan UPT (Balai Besar TNGL, BKSDA Aceh KPH VI Subulussalam dan KPH V Gayo Lues).

Role & Responsibilities/Tugas & Tanggung Jawab:

Koordinasi tim leader patroli:

  1. Pada setiap awal bulan memastikan jadwal kegiatan dan personil yang akan melaksanakan patroli di wilayah KPH; 
  2. Pada setiap akhir bulan melakukan evaluasi hasil kegiatan patroli bersama Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH);

Kegiatan patroli

  1. Melakukan koordinasi dan memastikan tim patroli berjalan setiap bulannya di KPH, sehingga setiap tim yang di dukung oleh WCS-IP dapat melaksanakan patroli setidaknya 12 - 14 hari/bulan. 
  2. Memastikan perlengkapan patroli dengan kondisi yang baik sesuai dengan standard patroli. 
  3. Memastikan patroli berjalan sesuai dengan SOP patroli pengamanan kawasan. 
  4. Mengembangkan motivasi patroli di tingkat tim, memastikan setiap anggota patroli dari KPH mampu melakukan pengambilan data dengan metode SMART. 
  5. Mengembangkan strategi pengamanan kawasan dan menyusun rencana penindakan terhadap setiap temuan aktivitas ilegal di dalam kawasan untuk disampaikan kepada Komando atau Pengendali Patroli. 
  6. Melakukan koordinasi temuan-temuan aktivitas ilegal sesuai dengan arahan Komando Patroli dan situasi yang dihadapi tim patroli. Penindakan dilakukan dengan melakukan koordinasi yang baik di dalam tim, serta melaporkannya ke SMART Patrol Coordinator.  
  7. Melakukan evaluasi bulanan di tingkat tim dan KPH terkait masing-masing tim patroli dengan melaporkan hasil kegiatan patroli per bulan. 
  8. Bersama dengan tim KPH menyusun rencana kerja patroli setiap bulannya, rencana bulanan ini diserahkan ke SMART Patrol Coordinator pada bulan sebelumnya. 
  9. Melakukan review data hasil patroli di lingkup KPH setiap bulannya ke dalam software SMART dan menyerahkan data patroli berupa data patroli yang sudah dieksport, data gps, dokumentasi dan buku patroli yang diserahkan kepada Database Officer. 
  10. Melakukan pendampingan operator data dan Kepala Resor dalam di lingkup KPH dalam implementasi SMART. 
  11. Menyusun laporan kegiatan patroli setiap bulannya. Laporan kegiatan patroli dibuat dalam bentuk narasi. 
  12. Mengelola keuangan patroli secara efektif dan efisien, menyusun dan menyerahkan laporan keuangan tepat waktu. 
  13. Menjaga hubungan baik dengan Staff KPH dan Mitra 
  14. Mempergunakan dan memelihara perlengkapan patroli, fasilitas kantor dan mes dengan baik. 
  15. Mendata dan memperbaharui kondisi perlengkapan yang dipergunakan setiap tiga bulan dan melaporkannya kepada SMART Patrol Coordinator.
  16. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan tim-tim lain di dalam WCS-IP. 
  17. Melaksanakan kegiatan-kegiatan lain yang berkenan dengan kegiatan WCS-IP di Lansekap Leuser sesuai dengan kebutuhan program.

Patrol Mechanism / Mekanisme Patroli:

Jumlah hari kerja dalam 1 bulan adalah 21 hari, dengan komposisi 14 hari patroli, dan 7 hari menyelesaikan laporan dan hal-hal administrasi serta evaluasi dengan KPH. Apabila telah menyelesaikan tugas ini, maka tim patroli dapat mengambil ganti hari libur untuk patroli pada periode berikutnya.

Please note that the above TOR constitutes only the main responsibilities and duties of this position. As WCS-IP is a flexible organization, staff members are expected to undertake any other tasks that are allocated to them but which are not part of their regular TOR.