Job Vacancies

Wildlife Conservation Society is seeking a good candidate for these job opportunity:

 

TERMS OF REFERENCE

Position/Jabatan : SMART Team Leader Coordinator (BPTN II Kutacane)
Program : Sumatera
Based in/Lokasi : BPTN II Kutacane
 Line Manager/Manajer Lini : SMART Patrol Coordinator

Overview/Gambaran Umum:

Dalam rangka perlindungan terhadap kawasan konservasi di wilayah Sumatera Utara dan Aceh, WCS bekerjasama dengan Balai Besar TNGL dan BKSDA Aceh. Dalam kerjasama ini WCS berperan dalam meningkatkan kapasitas pengamanan kawasan berupa kegiatan patroli pengamanan kawasan. Untuk menjalankan progam ini, maka dibentuk regu-regu patroli yang akan bekerja secara kolaboratif dengan UPT (Balai Besar TNGL maupun BKSDA).

Role & Responsibilities/Tugas & Tanggung Jawab:

Koordinasi tim leader patroli:

  1. Pada setiap awal bulan memastikan jadwal kegiatan patroli termasuk staff pengelola kawasan konservasi yang akan terlibat di dalam kegiatan patroli untuk semua tim patroli WCSIP yang berada di BPTN II Kutacane; 
  2. Pada setiap akhir bulan melakukan evaluasi hasil kegiatan patroli bersama dengan pihak pengelola kawasan konservasi di BPTN II Kutacane;

Kegiatan patroli

  1. Melakukan patroli bersama Balai Besar TNGL di BPTN II Kutacane, sehingga setiap resort dapat melakukan patroli setidaknya 12 - 14 hari/bulan. 
  2. Melaksanakan kegiatan patroli dengan membawa kelengkapan perpetaan dan alat navigasi yang memadahi dan perlengkapan standard patroli untuk keamanan tim. 
  3. Memastikan patroli berjalan sesuai dengan SOP patrol pengamanan kawasan. 
  4. Bekerjasama dengan tim TNGL melakukan patroli dengan mencatat data temuan dalam format lembar data SMART patroli. 
  5. Mengembangkan motivasi patroli di tingkat tim, memastikan setiap anggota patroli dari taman nasional mampu melakukan pengambilan data dengan metode SMART. 
  6. Melakukan penindakan dan penegakan hukum terhadap pelaku dan temuan-temuan aktivitas ilegal sesuai dengan arahan Komando Patroli dan situasi yang dihadapi tim patroli. Penindakan dilakukan dengan melakukan koordinasi yang baik di dalam tim, serta melaporkannya ke SMART Patrol Coordinator. 
  7. Mengembangkan strategi pengamanan kawasan dan menyusun rencana penindakan terhadap setiap temuan aktivitas ilegal di dalam kawasan untuk disampaikan kepada Komando Patroli. 
  8. Melakukan evaluasi bulanan di tingkat tim dan BPTN II Kutacane terkait masing-masing tim patroli dengan melaporkan hasil kegiatan patroli per bulan. 
  9. Bersama dengan tim TNGL BPTN II Kutacane menyusun rencana kerja patroli tiap bulan yang dibuat dalam software SMART, rencana bulanan ini diserahkan ke SMART Patrol Coordinator pada bulan sebelumnya. 
  10. Memasukkan data patroli setiap bulannya ke dalam software SMART dan menyerahkan data patroli berupa data patrol yang sudah dieksport, data gps, dokumentasi dan buku patroli yang diserahkan kepada Database Officer. 
  11. Menyusun laporan kegiatan patroli setiap bulannya. Laporan kegiatan patroli dibuat dalam bentuk narasi. 
  12. Mengelola keuangan patrol secara efektif dan efisien, menyusun dan menyerahkan laporan keuangan tepat waktu. 
  13. Menjaga hubungan baik dengan Staff Resort, SPTN, dan BPTN. 
  14. Mempergunakan dan memelihara perlengkapan patroli dan fasilitas kantor dan mes dengan baik. 
  15. Mendata dan memperbaharui kondisi perlengkapan yang dipergunakan dan melaporkannya kepada SMART Patrol Coordinator. 
  16. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan tim-tim lain di dalam WCS-IP. 
  17. Melaksanakan kegiatan-kegiatan lain yang berkenan dengan kegiatan WCS-IP di Lansekap Leuser sesuai dengan kebutuhan program.

Patrol Mechanism / Mekanisme Patroli:

Jumlah hari kerja dalam 1 bulan adalah 21 hari, dengan komposisi 14 hari patroli, dan 7 hari menyelesaikan laporan dan hal-hal administrasi serta evaluasi dengan SPTN. Apabila telah menyelesaikan tugas ini, maka tim patroli dapat mengambil ganti hari libur untuk patroli pada periode berikutnya.

Please note that the above TOR constitutes only the main responsibilities and duties of this position. As WCS-IP is a flexible organization, staff members are expected to undertake any other tasks that are allocated to them but which are not part of their regular TOR.