Job Vacancies

Wildlife Conservation Society is seeking a good candidate for these job opportunity:

 

TERMS OF REFERENCE

Position/ Jabatan : Security
Program : Marine, Ternate
Period/Effective as per : Mei, 2020
Based in/ Lokasi : Ternate
Line Manager/ Manajer Lini : Admin assistant for North Maluku/ USAID SEA Ternate Deputy Project Leader

Latar Belakang

Wildlife Conservation Society (WCS) adalah organisasi konservasi internasional yang berbasis di New York yang saat ini bekerja di lebih dari 60 negara di seluruh dunia. WCS memiliki sejarah yang luar biasa dari para ilmuwan yang mengeksplorasi dan menyelamatkan satwa liar di beberapa tempat paling terpencil dan liar yang tersisa di Bumi. Program Wildlife Conservation Society Indonesia (WCS-IP) didirikan pada awal 1990-an dan telah berkontribusi secara substansial untuk konservasi keanekaragaman hayati di Indonesia. WCS-IP saat ini memiliki program yang berfokus di Sumatera, Sulawesi, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat Untuk mencapai tujuan kami dalam menyelamatkan satwa liar dan tempat-tempat liar di Indonesia, kami bertujuan untuk melindungi spesies yang terancam dan habitatnya melalui bekerja dengan lembaga pemerintah, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta dan masyarakat setempat.

Untuk menjalankan operasional kerja dapat dengan baik, maka WCS-IP menempatkan 1 kantor perwakilah di Ternate, Maluku Utara, dimana akan menjadi tempat bagi sekitar 30 staf WCS untuk melaksanakan pekerjaannya dan bekerja sama dengan para pihak di Maluku Utara. Tentunya, untuk keamanan kantor WCS, maka diperlukan tenaga keamanan yang mumpuni dan professional, sehingga kerangka acuan kerja ini disusun untuk sebagai pedoman dalam proses perekrutan tenaga keamanan kantor.

Lingkup Kerja

Posisi tenaga keamanan kantor akan berbasis di Ternate, Provinsi Maluku Utara. Pekerjaan yang dilaksanakan akan berhubungan erat dengan menjaga keamanan karyawan dan lingkungan kantor WCS di Ternate. Peran dari tenaga keamanan ini adalah memastikan siatuasi kantor WCS aman dan kondusif untuk mendukung terlaksananya program kegiatan WCSI IP di Maluku Utara.

Tenaga keamanan yang dibutuhkan diharapkan berdomisili di Ternate dan akan bertugas dibawah supervisi langsung dari Ternate Deputy Project Leader dan admin assistant di Maluku Utara.

Tugas dan Tanggung Jawab

  • Melaksanakan penjagaan pengamanan di lingkungan kantor WCS Ternate.
  • Melaksanakan pengamanan kantor WCS dan lingkungan sekitar kantor WCS.  
  • Melaksanakan pembukaan dan penutupan kantor sesuai dengan kebutuhan jam kerja. 
  • Memastikan aset kantor terjaga dengan baik. 
  • Melakukan pelaksanaan mematikan dan menyalakan lampu-lampu penerangan serta peralatan yang menggunakan listrik pada ruang-ruang perkantoran sesuai kebutuhan jam kerja.  
  • Membantu dengan melaporkan terkait kondisi penerangan, sistem pengaman, yang mengalami gangguan/ tidak normal pada admin kantor WCS di Ternate. 
  • Membantu pengaturan keluar masuk kendaraan dari dan ke wilayah kantor WCS di Ternate. 
  • Mengetahui posisi penempatan dan mampu menggunakan alat pemadam kebakaran bila terjadi kebakaran. 
  • Bila terjadi permasalahan pada lingkup pekerjaannya dan jam kerja (gangguan teknis, bencana alam dan kebakaran), tenaga pengamanan turut serta membantu pelaksanaan pengamanan aset dan evakuasi staff dan pihak-pihak yang berada di lingkungan kantor.

Tugas Spesifik

  • Melakukan pencatatan bagi staf WCS, tamu WCS dan tamu lainnya yang masuk dan keluar kantor WCS, serta berbagai peristiwa yang terjadi terkait dengan kondisi kantor, setiap hari di dalam lembar buku kerja yang disiapkan. 
  • Melakukan pengecekan terhadap surat ataupun paket yang masuk ke kantor WCS di Ternate dan dicatat dalam lembar buku kerja. 
  • Jika diperlukan petugas keamanan, dapat membantu admin assistant atau finance officer untuk melalukan tugas yang diperlukan untuk membantu menjaga kondisi kantor dengan baik.

Jam Kerja

Jam kerja yang diperlukan adalah 8 jam per hari. Waktu kerja dalam 1 minggu adalah 7 hari kerja,

Periode Kontrak

Periode kontrak tenaga keamanan kantor adalah 6 bulan

Kualifikasi

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi ini adalah:

  • Memiliki pengalaman yang memadai bekerja dalam bidang pengamanan kantor,  
  • Memiliki latar belakang pendidikan minimal SMA/ D3. 
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi secara verbal dalam Bahasa Indonesia dan bahasa lokal setempat (Maluku Utara). 
  • Mampu bekerja secara individu dan tim. 
  • Memiliki SIM kendaraan bermotor 
  • Menjunjung tinggi prinsip saling menghargai, kejujuran, integritas, kerjasama, transparansi dan akuntabilitas dalam bekerja. 
  • Lebih diutamakan bagi yang memiliki setifikat pelatihan di bidang keamanan kantor.

Application Details

Please send a covering letter and CV in English to wcsindonesia@wcs.org not later than 5th June 2020 stating in the subject line “Security_(name)”. No correspondence, only short-listed candidates will be notified.