Job Vacancies

Wildlife Conservation Society is seeking a good candidate for these job opportunity:

 

TERM OF REFERENCE

Position / Jabatan : SMART Team Leader
Based in / Lokasi : Manado, Sulawesi Utara
Line Manager : SMART Coordinator

Overview/Gambaran Umum:

Dalam rangka perlindungan terhadap kawasan hutan di lanskap Bogani Nani Wartabone, WCS bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW). Dalam kerjasama ini WCS berperan dalam meningkatkan kapasitas pengamanan kawasan hutan berupa kegiatan patroli pengamanan kawasan hutan. Untuk menjalankan progam ini, maka dibentuk regu patroli yang akan bekerja secara kolaboratif dengan Balai TNBNW.

Role & Responsibilities/Tugas & Tanggung Jawab:

Kegiatan patroli

  1. Melakukan patroli bersama Taman Nasioanl Bogani Nani Wartabone, sehingga setiap Resort dapat melakukan patroli setidaknya 12 - 14 hari/bulan.  
  2. Melaksanakan kegiatan patroli dengan membawa kelengkapan perpetaan dan alat navigasi yang memadai dan perlengkapan standard patroli untuk keamanan tim.  
  3. Memastikan patroli berjalan sesuai dengan SOP patroli pengamanan kawasan.  
  4. Bekerjasama dengan tim Taman Nasioanl Bogani Nani Wartabone melakukan patroli dengan mencatat data temuan dalam format lembar data SMART.  
  5. Mengembangkan motivasi patroli di tingkat tim, memastikan setiap anggota patroli dari Taman Nasioanl Bogani Nani Wartabone mampu melakukan pengambilan data dengan metode SMART. 
  6. Melakukan penindakan dan penegakan hukum terhadap pelaku dan temuan-temuan aktivitas ilegal arahan Komando Patroli dan situasi yang dihadapi tim patroli. Penindakan dilakukan dengan melakukan koordinasi yang baik di dalam tim, serta melaporkannya ke SMART Patrol Coordinator.
  7. Mengembangkan strategi pengamanan kawasan dan menyusun rencana penindakan terhadap setiap temuan aktivitas ilegal di dalam kawasan untuk disampaikan kepada Komando Patroli.  
  8. Melakukan evaluasi bulanan di tingkat tim dan Taman Nasioanl Bogani Nani Wartabone dengan melaporkan hasil kegiatan patroli per bulan.  
  9. Bersama tim Taman Nasioanl Bogani Nani Wartabone menyusun rencana kerja patroli tiap bulan yang dibuat dalam software SMART, rencana bulanan ini diserahkan ke SMART Patrol Coordinator pada bulan sebelumnya.  
  10. Memasukan data patrol setiap bulannya ke dalam software SMART dan menyerahkan data patrol berupa data patrol yang sudah diexport, data GPS, dokumentasi dan buku patrol yang diserahkan kepada SMART Database Officer.  
  11. Menyusun laporan kegiatan patrol setiap bulannya. Laporan kegiatan patrol dibuat dalam bentuk narasi  
  12. Mengelola keuangan patrol secara efektif dan efisien, menyusun dan menyerahkan laporan keuangan tepat waktu.  
  13. Menjaga hubungan baik dengan staf Taman Nasioanl Bogani Nani Wartabone serta mitra lainnya yang akan terlibat dalam patrol  
  14. Mempergunakan dan memelihara perlengkapan patroli dan fasilitas kantor dan mess dengan baik 
  15. Mendata dan memperbaharui kondisi perlengkapan yang dipergunakan dan melaporkannya kepada SMART Patrol Coordinator  
  16. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan tim-tim lain di dalam WCS-IP  
  17. Melaksanakan kegiatan-kegiatan lain yang berkenaan dengan kegiatan WCS-IP di lanskap Bogani Nani Wartabone sesuai dengan kebutuhan program.

Patrol Mechanism/Mekanisme Patroli:

Jumlah hari kerja dalam 1 bulan adalah 21 hari dengan komposisi 14 hari patroli, dan 7 hari menyelesaikan laporan dan hal-hal administrasi serta evaluasi dengan pihak pengelola. Apabila telah menyelesaikan tugas ini, maka tim patroli dapat mengambil ganti hari libur untuk patroli pada pada periode berikutnya.

Please note that the above TOR constitutes only the main responsibilities and duties of this position. As WCS-JP is a flexible organization, staff members are expected to undertake any other tasks that are allocated to them but which are not part of their regular TOR

Applications

Please send a covering letter and CV in English to idrecruitment@wcs.org no late than 31 August 2020, stating in the subject line “SMART Team Leader_(name)”. Please also include a portfolio of your previous work or links to blogs or galleries online. No correspondence, only short-listed candidates will be notified.