Job Vacancies

Wildlife Conservation Society is seeking a good candidate for these job opportunity:

 

TERMS OF REFERENCE

Position / Jabatan : Team Leader SMART Patrol BBS
Based in / Lokasi : Kota Agung
Line Manager : SMART Patrol Coordinator
Reporting to / Melapor ke : Southern Sumatra Landscape Manager

Uraian Tugas:

Bekerja dengan arahan Team Leader SMART Patrol di kota Agung untuk:

  1. Mengelola Tim SMART Patrol yang terdiri dari polisi kehutanan, staf WCS, dan masyarakat untuk melakukan patroli di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). 
  2. Berkomunikasi dan berkoordinasi serta mengawasi strategi Patroli SMART dengan TNBBS, termasuk rute patroli, evaluasi, kemajuan patroli.  
  3. Melaksanakan patroli menggunakan sistem SMART, mengkoordinasikan dan mengawasi tim patroli SMART untuk mengumpulkan data patroli dan input data ke dalam database SMART. 
  4. Mendukung basis data patroli SMART kepada SMART Patrol Coordinator . Database akan dianalisis untuk memberikan informasi penting dan kemajuan kegiatan patroli, serta efektivitas SMART patroli. 
  5. Bekerja dengan tim patroli SMART untuk mendukung kegiatan penegakan hukum dengan taman nasional, termasuk memerangi pembalakan liar, perambahan, penghapusan jerat, atau perkebunan ilegal di daerah tertutup. . 
  6. Membantu SMART Patrol Coordinator menyiapkan laporan bulanan terkait dengan kegiatan bulanan, laporan SMART Patroli, dan laporan pelatihan SMART Patrol jika diperlukan.  
  7. Membantu SMART Patrol Coordinator dalam melaksanakan pemantauan dan evaluasi hasil kegiatan SMART Patrol bersama Balai Besar TNBBS. 
  8. Melakukan tugas-tugas lain yang dianggap perlu sesuai dengan tujuan dukungan WCS-IP bagi perlindungan dan pengamanan kawasan di TNBBS.

Pelaporan

  1. Tim leader membuat pelaporan hasil kegiatan dan membantu SMART Patrol Coordinator dalam menyusun laporan bulanan kegiatan patroli SMART beserta hasil analisisnya. 
  2. Membuat pelaporan keuangan (settlement report) atas pelaksanaan kegiatan patroli.

Harap diperhatikan bahwa TOR di atas hanya mencantumkan tanggung jawab dan tugas-tugas utama dari posisi ini. Karena WCS-IP adalah suatu organisasi yang fleksibel, staf diharapkan untuk melakukan tugas lain yang diberikan kepada mereka yang bukan bagian dari TOR mereka.