Job Vacancies

Wildlife Conservation Society - Indonesia Program is seeking a good candidate for these job opportunity:


TERMS OF REFERENCE

Posisi : Biodiversity Science Coordinator
Program : Terrestrial – Lanskap Leuser
Melapor kepada : Leuser Landscape Program Manager
Durasi : Satu tahun

Latar belakang

Wildlife Conservation Society-Indonesia Program (WCS-IP) telah berkembang secara signifikan dalam beberapa dekade terakhir dan berkontribusi penting bagi konservasi keanekaragaman hayati di Indonesia melalui kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, WCS-IP membantu Pemerintah melalui dukungan pengelolaan kawasan konservasi, implementasi aksi konservasi spesies, dan pelibatan aktif masyarakat lokal.

Untuk meningkatkan efektivitas program konservasi dan memperkuat peran WCSIP di Sumatera, WCS-IP membuka posisi Biodiversity Science Coordinator. Pemegang jabatan ini akan bertanggung jawab dalam melakukan kontrol terhadap kualitas data yang dihasilkan oleh WCS-IP, melakukan analisis data, dan meningkatkan kapasitas tim WCS-IP dan mitra untuk mendukung implementasi konservasi berbasis bukti. Adapun rincian tanggung jawab Biodiversity Science Coordinator adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan program monitoring ekosistem hutan hujan tropis di Taman Nasional Gunung Leuser, khususnya di Stasiun Riset Ketambe, maupun kawasan konservasi lain atau habitat satwa yang terdapat di bentang alam Leuser. 
  2. Menyusun desain studi dalam rangka pelaksanaan kajian dan monitoring populasi satwa kunci (prioritas pada jenis-jenis rangkong dan harimau, namun tidak menutup kemungkinan pada kelompok satwa lainnya juga) untuk mendukung implementasi strategi dan rencana aksi konservasi (SRAK) spesies kunci terancam punah serta pengelolaan jenis satwa prioritas di Taman Nasional Gunung Leuser, Suaka Margasatwa Rawa Singkil, maupun kawasan konservasi lain atau habitat satwa yang terdapat di bentang alam Leuser. 
  3. Berkoordinasi dengan Biodiversity Survey Coordinator dan Conservation Database Officer untuk melakukan analisis data hasil survei monitoring populasi satwa kunci terancam dan program biodiversitas lainnya. 
  4. Mendukung analisis data dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh WCS-IP di landscape Leuser untuk menghasilkan pengetahuan maupun rekomendasi pengelolaan populasi satwa kunci terancam dan program biodiversitas lainnya. 
  5. Berkoordinasi dengan Conservation Database Officer untuk memastikan data, dokumentasi, dan laporan program WCS-IP lanskap Leuser telah terverifikasi dan tersimpan di basis data terpusat secara berkala. 
  6. Mengidentifikasi dan menyediakan rekomendasi hasil-hasil penelitian untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah maupun media cetak/elektronik populer sesuai dengan strategi komunikasi WCS-IP. 
  7. Meningkatkan kapasitas sains tim WCS-IP lanskap Leuser untuk mendukung implementasi konservasi berbasis bukti melalui rangkaian pelatihan dan diskusi bersama yang dilaksanakan secara rutin. 
  8. Mendukung koordinator program dan staf terkait dalam mendokumentasikan proses, mempelajari studi kasus, serta memetik pembelajaran dan praktik cerdas dari implementasi program konservasi WCS-IP. 
  9. Berkoordinasi dengan Conservation Database Officer untuk menyiapkan informasi kunci yang dapat divisualisasikan dalam bentuk tabel sederhana, infografis, poster, atau media lainnya untuk keperluan publikasi atau diseminasi kepada pemangku kebijakan. 
  10. Membantu dalam meningkatkan kualitas publikasi program baik dalam bentuk laporan, artikel ilmiah/populer, media edukasi/kampanye, dan bentuk lainnya. 
  11. Memfasilitasi rapat dan lokakarya bersama para pihak dan secara formal mewakili WCS-IP sesuai kompetensi serta kebutuhan dalam rapat, lokakarya, dan konferensi. Menghasilkan luaran lainnya yang relevan sesuai kebutuhan program WCS-IP lanskap Leuser. 
  12. Melaporkan capaian dan kendala pelaksanaan kegiatan secara berkala secara lisan ataupun tulisan kepada Leuser Landscape Manager.

Kualifikasi

Posisi ini membutuhkan individu yang memiliki kualifikasi minimal sebagai berikut:

  1. Lulusan S1 (Sarjana) dengan latar belakang pendidikan Biologi, Kehutanan, Geografi, atau jurusan lain yang relevan. Lulusan S2 lebih disukai 
  2. Untuk lulusan S1, pengalaman kerja minial 5 tahun di bidang konservasi, termasuk pengalaman dalam pengelolaan data hasil kegiatan penelitian. Untuk Lulusan S2, pengalaman kerja minimal 3 tahun.
  3. Memahami dan menguasai pengoperasian perangkat lunak GIS 
  4. Memahami dan menguasai pengoperasian perangkat lunak R atau perangkat lunak sejenis 
  5. Memahami dan menguasasi penggunaan metode-metode survey dalam bidang konservasi satwa liar, seperti survey burung, survey karnivora, survey mamalia, 
  6. Memahami dan menguasai pengoperasian perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat infografis ataupun presentasi. 
  7. Mampu bekerja secara mandiri maupun bekerja sebagai bagian dari Tim

Silakan kirim surat lamaran dan CV dalam Bahasa Inggris ke idrecruitment@wcs.org paling lambat 4 Maret 2021, dengan mencantumkan subjek “Biodiversity Science Coordinator_(nama)”. Tidak ada korespondensi, hanya kandidat yang terpilih yang akan dihubungi.