Job Vacancies

Wildlife Conservation Society is seeking a good candidate for these job opportunity:

 

Judul Proposal               : Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar Kawasan
                                              Konservasi di Maluku Utara
Tanggal Pembukaan.   : Rabu, 7 Juni 2023
Tanggal Penutupan      : Rabu, 28 Juni 2023
Tipe Kegiatan                 : Pendanaan (Subgrant)
Program                           : WCS-IP Marine Program
Lokasi Kerja                    : Maluku Utara

I. Latar Belakang

Wildlife Conservation Society (WCS) memiliki sejarah yang terkemuka dalam bidang eksplorasi dan penyelamatan hidupan liar di beberapa tempat yang paling terpencil dan liar di Bumi. Wildlife Conservation Society Indonesia Program (WCS-IP) telah tumbuh signifikan selama beberapa dekade terakhir dan berkontribusi dalam mendukung Pemerintah Indonesia, terutama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dalam melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia. WCS-IP terstruktur dibawah lima program tematik inti: Forests; Marine; Wildlife Trade & Policy; One Health; dan Rights & Communities.

Di Maluku Utara, WCS-IP saat ini bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku dan Pemerintah Daerah dalam perlindungan spesies terancam punah salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan konservasi. Kegiatan pemberdayaan berupa penyadartahuan dan peningkatan kapasitas diharapkan dapat menjangkau masyarakat umum serta kelompok masyarakat kunci yang diperlukan dalam perubahan perilaku untuk meningkatkan dukungan masyarakat terhadap upaya konservasi.

Untuk mencapai tujuan ini, WCS-IP mencari organisasi masyarakat atau lembaga non-perseorangan (Subgrantee) untuk bekerjasama dalam melaksanakan kegiatan konservasi terkait. Melalui dukungan pendanaan dari Kreditanstalt fur Wiederaufbau (KfW), WCS-IP akan memfasilitasi kegiatan penyadartahuan dan peningkatan kapasitas ini kepada Subgrantee yang terpilih.

II. Detail Kegiatan

Informasi terperinci mengenai kegiatan, ruang lingkup, keluaran dan ketentuan lainnya dimuat dalam Kerangka Acuan Kegiatan (KAK) yang akan dikirimkan setelah pernyataan minat melalui e-mail abudiayu@wcs.org (Anisa Budiayu) dan indonesiapcu@wcs.org dengan subyek “Request_KAK_Pemberdayaan Masyarakat”.

III. Kriteria Pemilihan

1. Konsep dan metodologi dalam implementasi program

  • Kejelasan dan kelengkapan proposal
  • Rencana dan strategi dalam menjalankan program untuk mencapai tujuan
  • Pendekatan yang digunakan dalam implementasi kegiatan

2. Kualifikasi Organisasi/Tim

  • Pengalaman dan kompetensi organisasi dalam bidang yang terkait dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat
  • Pengalaman dan kompetensi tim dalam bidang yang terkait dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat
  • Hasil dari Penilaian Resiko Sub Penerima (Subrecipient Risk Assessment)

IV. Proses Seleksi Proposal

  1. Proses seleksi akan berjalan 15-30 hari sejak tanggal penutupan penerimaan proposal (teknis).
  2. WCS-IP akan memberikan konfirmasi melalui e-mail kepada peminat bahwa proposal sudah diterima
  3. WCS-IP akan menghubungi setiap peminat perihal hasil penilaian proposal

Organisasi peminat harus mengirimkan proposal paling lambat hari Rabu, 28 Juni 2023. Kami mendorong organisasi lokal atau organisasi lainnya yang memiliki izin resmi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam permintaan proposal ini. Semua pertanyaan mengenai pengajuan proposal teknis dapat disampaikan sebelum tanggal penutupan penerimaan proposal melalui e-mail: abudiayu@wcs.org (Anisa Budiayu) dan indonesiapcu@wcs.org .