Job Vacancies

Wildlife Conservation Society is seeking a good candidate for these job opportunity:

 

Terms of Reference

Posisi                          : Database Operator SMART
Job Grade                 : Band 2 - Class 1
Program/Unit          : Forest
Lokasi Kerja              : Banda Aceh
Durasi Penugasan. : 1 Tahun

Latar Belakang

Wildlife Conservation Society (WCS) bekerja di lebih dari 60 negara untuk menyelamatkan satwa liar dan tempat-tempat liar melalui ilmu pengetahuan, aksi konservasi, pendidikan, dan menginspirasi masyarakat untuk menghargai alam. WCS telah bekerja di Indonesia selama lebih dari 25 tahun, Indonesia merupakan negara penting di dunia dalam konservasi keanekaragaman hayati, menduduki peringkat pertama di dunia untuk keanekaragaman hayati laut dan peringkat kedua di dunia untuk keanekaragaman hayati darat. Program WCS Indonesia Program (WCS IP) mencakup seluruh kepulauan Indonesia dan mencakup seluruh aspek konservasi, mulai dari perlindungan satwa liar, pengembangan kebijakan, penelitian dan Pendidikan melalui kegiatan berbasis yang mencakup ekosistem laut dan darat. WCS bermitra erat dengan Pemerintah Indonesia, masyarakat lokal, sekolah dan universitas, serta sektor swasta. Informasi lebih lanjut mengenai program kami dapat dilihat di https://indonesia.wcs.org dan mengenai kegiatan WCS secara global dapat dilihat di https://www.wcs.org.

Di Aceh, WCS bekerja melalui kemitraan dengan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, serta mendukung pemerintah daerah, LSM, dan masyarakat. Di bidang kehutanan, WCS memprioritaskan upaya-upaya di tingkat lanskap di Ekosistem Leuser, khususnya TNGL, Suaka Margasatwa Rawa Singkil (SMRS) dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). WCS juga memberikan dukungan di tingkat provinsi untuk membangun kapasitas kelembagaan lembaga-lembaga pemerintah utama, terutama dalam melakukan proses perencanaan pembangunan spasial dan ekonomi yang menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan.

Dalam rangka memperkuat pengelolaan data dan informasi, sejak tahun 2019 WCS telah mendukung pengembangan system unit data dan informasi konservasi di TNGL dan BKSDA Aceh. Di TNGL, Unit data Data dan Informasi Konservasi atau disebut UDIK menjadi model pertama system penyediaan data dan informasi konservasi sumber daya alam dan ekosistem secara realtime dan terintegrasl sehingga dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Tugas dan Tanggung Jawab

  1. Menerima data dari setiap operator BPTN dan memastikan semua data berbasis SMART di Taman Nasional Gunung Leuser terkumpul di Balai Besar TNGL setiap bulannya.
  2. Memeriksa dan melakukan verifikasi data SMART yang masuk di Balai Besar TNGL setiap bulannya.
  3. Memeriksa kelengkapan data dan SPT (Surat Perintah Tugas) dari setiap aktivitas berbasis SMART di TNGL setiap bulannya.
  4. Mengingatkan operator di wilayah untuk mengirimkan data ke Balai Besar TNGL sesuai dengan SOP Alur Data yang ada di TNGL.
  5. Membangun komunikasi dan kerjasama yang baik dengan semua staf dan operator di SPTN, BPTN, Balai Besar TNGL dan mitra TNGL.
  6. Membantu mengembangkan “Operasional Room/ UDIK” di kantor BBTNGL Banda Aceh.
  7. Membantu menyediakan data dalam penyusunan laporan-laporan kegiatan untuk kebutuhan evaluasi dan laporan lainnya di Balai Besar TNGL.
  8. Membuat laporan ringkasan data hasil aktivitas berbasis SMART di TNGL baik bulanan dan triwulan dan dilaporkan ke supervisor.
  9. Melakukan evaluasi berbasis data SMART bersama staf Balai Besar TNGL dan mitra.
  10. Melakukan pendampingan dan peningkatan kapasitas operator data Lingkup TNGL.
  11. Bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan yang akan di kelola untuk kegiatan pendampingan dan peningkatan kapastis operator data lingkup BBTNGL.
  12. Menjalankan Kedisiplinan dalam pengelolaan waktu jika ada pertemuan dan diskusi sehingga jika ada kendala tetap di komunikasikan.

Persyaratan

Latar Belakang Pendidikan:

  • Minimal Sarjana (S-1) Jurusan Biologi/ Biogeografi/ Geografi/ Kehutanan/ Ilmu Komputer

Pengalaman Kerja : 

  • Memiliki pengalaman kerja 1 tahun dibidang Biologi/ Biogeografi/ Geografi/ Kehutanan/ Ilmu Komputer
  • Fresh Graduate dipersilahkan apply

Mempunyai sertifikat pelatihan yang berkaitan dengan:

  • Computer
  • English

Kirimkan surat lamaran dan CV dalam Bahasa Indonesia kepada idrecruitment@wcs.org dengan mencantumkan subject “posisi yang dilamar_(nama)” paling lambat pada 13 September 2024. Tidak ada korespondensi karena hanya kandidat terpilih yang akan mendapat notifikasi.